Jumat, 25 Maret 2011

Al Qur'an Kitab Pertama yang Memprediksi Penyebab Global Warming

JAGALAH ALAM DENGAN CINTA .....

Menurut sebuah fenomena perubahan iklim telah menyebabkan perubahan signifikan pada tumbuhan dan hewan. Dalam jurnal NATURE menyebutkan bahwa akan terjadi peningkatan suhu panas hingga 6/10 derajat celcius pada abad ke 20.
Kementrian Lingkungan Hidup dari Negara-negara kaya telah melakukan langkah pertama terkait pengurangan emisi gas rumah kaca. Para menteri dalam pernyataan yg mereka keluarkan usai pertemuan di Jepang menyerukan agar para pemimpin negara dunia bersama-sama mengurangi emisi gas hingga separuhnya pada th 2050.
Para Ulama akhirnya menyampaikan peringatan untuk bisa selamat dari fenomena ini. Mereka menegaskan melalui penelitian, bahwa dunia sangat membutuhkan biaya 45 milyar dolar di bidang energi dalam dekade mendatang, serta membangun 1.400 reaktor nuklir, dan memperbanyak kincir angin dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca.

ASPEK-ASPEK KEMUKJIZATAN :

  1. Al Qur'an adalah kitab pertama yg memprediksi fenomena perbahan iklim di darat dan laut. Al Qur'an juga menegaskan terkait tanggung jawab atas kerusakan yg terjadi, yakni manusia. Seperti disebutkan dalam firman-Nya "telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena apa yg dilakukan oleh manusia............"


2. Al Qur'an juga merupakan kitab pertama memperingatkan kerusakan di bumi, setelah ALLAH SWT memperbaikinya untuk manusia. Artinya bumi telah melewati waktu lama dalam kondisi rusak kemudian diperbaiki oleh ALLAH SWT, "Dan janganlah kalian melakukan kerusakan di bumi setelah perbaikannya."




3. Al Qur'an juga merupakan kitab pertama yang memperingatkan fenomena berlebihan dalam segala hal. "Dan janganlah kalian berlebihan sesungguhnya Dia (ALLAH) tidak menyukai orang yang berlebihan" (QS. Al An'am:141). ALLAH juga berfirman "Dan janganlah kalian mengikuti perintah orang-orang yang berlebih-lebihan. Orang-orang yg telah melakukan kerusakan di bumi dan tidak melakukan perbaikan " (QS. Asy Syu'ara:141)


4. Al Qur'an memprediksi kelak akan ada waktu dimana manusia melakukan sikap berlebihan dalam hidup mereka. ALLAH SWT berfirman "kemudian kebanyakan dari mereka setelah itu melakukan sikap berlebihan dimuka bumi" ayat ini berbicara tentang Bani Israil, tapi isinya berlaku kepada siapapun yg melakukan sikap berlebihan. Kami mendapati hari ini ada sebagian negara-negara kaya sangat berperan mengotori lingkungan dan banyak berlebihan dalam harta benda disamping memonopoli kekayaan dg mengorbankan orang miskin.



5. Al Qur'an memperingatkan orang-orang yg membuat kerusakan di muka bumi, karena kemewahan yang terus bertambah dan milyaran uang yg dikeluarkan untuk perbuatan buruk. Allah SWT berfirman "Dan apabila ia berpaling (dari kamu) ia berjalan dibumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanaman-tanaman, kerusakan binatang ternak dan ALLAH tidak menyukai kebinasaan" (QS. Al Baqarah:205).
Ayat ini mengaitkan antara kerusakan di muka bumi dan kerusakan lingkungan, kerusakan tanaman, kerusakan mahluk hidup lainnya.


Bukankah semua keterangan ini menyimpulkan bahwa firman ALLAH SWT telah memprediksi kepunahan mahluk hidup sebagaimana terjadi di dunia saat ini ????????????


Sayang.................
Meskipun Kitabullah telah memberitahu kita bencana sebelum terjadi, mengapa kita tidak mengambil Al Qur'an sebagai referensi bagi kita dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada.

Sumber : Tarbawi ed 256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar